Lokasi
Pendiri & Penerus
Statistik Web
  • 13913Total visitors:
  • 33Visitors today:
  • 81Visitors yesterday:
  • 821Visitors last week:
  • 3102Visitors per month:
  • 113Visitors per day:
  • 0Visitors currently online:

Hakim Yang Adil

 

الحمد لله الدي بنعمته تتِم الصالحات وبتو فيقه تتحّقق الغايات الذي هدانا لهذا وما كّنا لنهتدي لولا أن هدانا الله والصلاة والسلام على بشير النذير والسراج المنير سيدنا وامامنا محّمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسانِ إلى يوم الدين, أما بعد معاسر المسلمين أوصيكم ونفس بتقو الله فقد فاز المتقون، أعوذ بالله من السيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم : من عمل صالحا من ذكر او انثى وهو مؤمن فلنحيينه حياة طيبة، ولنجزينهم اجرهم باحسن ما كانوا يعملون

Barangsiapa yang mengerjakan amal soleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. dan Sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.
Hadirin Rohima Kumulloh
Setiap manusia punya fitrah yang sama. Diantaranya manusia sama-sama berharap kebahagiaan dalam hidupnya, walaupun tidak sedikit perbedaan dalam penilaiannya. Saat ini mungkin lebih banyak manusia yang menilai bahwa seseorang dinyatakan berhasil atau bahagia, kalau orang itu sudah terlihat punya banyak harta atau tahta. Sekalipun semua itu didapatkan dengan cara yang salah menurut agama . Gemerlap dunia mungkin telah menutup hati orang yang berpola fikir seperti itu, sekalipun dia telah menyatakan beriman akan ketetapan yang maha kuasa. Padahal sudah sangat jelas, bagaimanapun rekayasa mananusia tidak dapat menghapus catatan yang mengabadikan sejarah tentang mereka yang hebat dialam ini. Mereka adalah orang-orang yang sanggup mengabdikan dirinya untuk Alloh yang maha pencipta dan dengan penuh keyakinan Dialah Alloh yang akan memberikan pertolongan dalam segala kehidupannya. Karena dalam catatan manapun Alloh tidak akan pernah terkalahkan. Maka abadilah namanya dan pasti mereka akan jadi suri tauladan bagi orang yang siap menerima kebahagiaan dari ridloNYA.
Hadirin yang berbahagia
Mungkin bisa dikatakan sebuah kekeliruan pada kita saat ini. Karena mungkin kita termasuk orang-orang yang mendorong anak atau saudara kita bahkan diri kita sendiri untuk lebih bangga dengan harta atau tahta yang bersipat duniawi saja. Karenanya kadang-kadang manusia tak ada rasa takut lagi oleh dzat yang maha mengawasi. Malah tidak sedikit manusia yang bangga dengan dosanya, karena dia mungkin merasa tak kan kembali kepada dzat pemberi ni’mat. Seolah-olah pada dirinya tak kan pernah terjadi kehidupan yang sempit. Begitu banyak peringatan-peringatan yang telah disampaikan dengan halus dan ikhlas oleh orang-orang yang bertanggung jawab dengan ilmunya. Namun semua itu tidak bisa menyentuh hatinya. Karenanya, saya mengajak bersama-bersama untuk menyimak firman Alloh yang mengancam pola hidup seperti tadi dan mudah-mudahan kita semua terhindar dari ancamannya. Firman Alloh:

ومن اعرض عن ذكرى فان له معيشة ضنكا ونَحشرُه يومَ القيامةِ اعمى

Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatanKu, Maka Sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit, dan kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”.
Ibnu Qoyyim Al-Jauziah berkata ” Barang siapa orang yang buta dari Haq (jalan benar) atau pura-pura tidak tahu jalan yang benar. Maka diakhirat nanti dia akan menjadi orang yang lebih sesat. (Miftahu Durust 35)
Dalam ayat lain Alloh berfirman:

ومن يعش عن ذكرالرحمن نقيض له شيطانا فهو له قرين

Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan yang Maha Pemurah (Al Quran), kami jadikan baginya syaitan (yang menyesatkan) Maka syaitan Itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.
Ibnu Qoyyum Al-Jauziyah  menyatakan: Alloh memberi tahu bahwa untuk orang yang tidak beriman, maka Alloh menjadikan untuk dia teman syetan yang senantiasa menyesatkan dirinya. Semua ini tiada lain karena mereka telah berpaling dari ingat kepada Alloh.
Na’udzubillahimin zdalik
Allah  juga menggambarkan bahwa orang-orang kafir banyak yang dilebihkan dalam urusan dunianya. Namun itu semua terjadi bukan dari ridloNYA. Karena Alloh akan tetap menghukumnya, didunia dan akhirat. Dan kita yaqin, hukum Alloh tak kan pernah keliru atau terhalang oleh harta dan tahta. Alloh berfirman:

فلا تعجبك اموالهم ولااولادهم انما يريدالله ليعذ بهم بها فى الحياةالدنيا وتزهق أنفسهم وهم كافرون

Maka janganlah harta benda dan anak-anak mereka menakjubkanmu. Sesungguhnya Allah menghendaki dengan (memberi) harta benda dan anak-anak itu untuk menyiksa mereka dalam kehidupan di dunia dan kelak akan dicabut nyawa mereka, sedang mereka dalam keadaan kafir. ( Ataubah 55). Na’udzubillahimin dzalik
Hadirin sidang jum’at
Begitulah kedudukan harta untuk orang yang tidak beriman. Dan untuk orang yang beriman pada kehidupan ini ada dua ujian yang berupa berbagai kebaikan dan kejelekan, yang semestinya tetap dihadapi dengan sikap yang benar. Karena semua itu adalah bekal untuk kita, disaat kita dikembalikan menghadap dzat yang maha kuasa. Firman Alloh:

ولنبلونكم بالخير والشر، وان الينا ترجعون

Dan benar-benar kami akan menguji kamu semua dengan yang baik dan yang jelek. Dan sesungguhnya kepada kamilah kamu semua kembali.
Kita tahu, semua manusia pasti mati. Setakut apapun manusia dengan kematian, namun ia tetap menjumpainya. Alloh berfirman:

قل ان الموت الذين تفروا منه فانه ملقيكم ثم تردون الى عالم الغيب والشهادة فينبئكم بما كنتم تعملون

Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (Al-Jumuah.8)
Dan mungkin kita sering mendengar bahkan meyakini bahwa setelah kita mati, pasti akan ada mahkamah yang maha adil. Yang menghakimi manusia dengan tanpa memilih harta, tahta atau yang lainnya yang biasa didunia menjadikan seseorang kebal hukum. Sekecil apapun amal kebaikan atau kejelekan manusia, pasti semuanya akan dibalas dengan seadil-adilnya. Firman Alloh:

ومن يعمل مثقال ذرة خيرا يره، ومن يعمل مثقال ذرة شرا يره

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.( Al-Zalzalah. 7 – 8 )
Dalam ayat lain Alloh berfirman:

ما يبدل القول لدي وما انا بظلام للعبيد

Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku (qaaf.29)
Hadirin sidang jum’at yang berbahagia
Begitulah peringatan Alloh. Dan karena itu, marilah kita semua mejadikan kekayaan atau kemiskinan, kebahagiaan atau kesedihan yang terjadi pada kita semua, hanyalah sebagai nilai ibadah kepada Alloh SWT. Akhirnya,  Mudah-mudahan kita semua dijadikanNYA hamba-hamba Alloh yang senantiasa mengabdikan diri hanya kepadaNYA serta kita juga dijadikanNYA orang yang lulus dari ujian-ujian yang dijanjikanNYA.

بارك الله لى ولكم ونفعنى واياكم اجمعين
 ااَلَحمدُ الله رَّب العَلمين وبه نستعنه على أمر الد نيا والدين وعلى أله وصحبه أجمعين أّما بعدُ . ايها الاخواة المسلمون ادعوكم ونفسى الى تقوالله فقد فاز المتقون اللهم اغفز للمسلمين والمسلماة والمؤمنين والمؤمنات الاحياء منهم والامواة  اللهم إنا نسئلك رضاك والجّنة وأعودبك من سختك والنار اللهم أصلح لنا د يننا الذي هو عصمة أمرنا وأصلح لنا د نيانا التي فيها معاشنا وأصلح لنا أخرتنا التي إليها معاد نا اللهم اجعل الحياة زيادةً لنا في كل خيرِ واجعل الموت راحةً لنا من كّل شّرٍ، اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ، ربنا ضلمنا أنفسنا وإن لم تغفر لنا وترحمنا  لنا كنَنا من الخاسرين اللهم وما قضيت علينا من أمرِ فاجعلهُ عاقبتهُ رشدأ اللهم أتنا فى الد نيا حسنه وفي الأخرة حسنه وقنا عداب الناروالحمد الله رب العالمين

Copyright: Pesantren Yayasan KH. Zainal Musthafa Sukamanah Tasikmalaya Jawa Barat Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 2 =