Jurumiyah BAB V, Piil-Piil

A.   Pembagian Fiil

Kalimat fiil ditinjau dari segi waktu terjadinya peristiwa yang terkandung di dalamnya terbagi tiga bagian, yaitu:

1.    الفعل الماضى adalah

كُلُّ فِعْلٍ يَدُلُّ عَلَى حُصُوْلِ حَدَثٍ فى الزَّمَنِ المَاضِى

Setiap kalimat fiil yang menunjukan pada terjadinya seuatu peristiwa pada waktu yang telah lewat. Contoh:

رَجَعَ التَّاجِرُ اِلَى قَرْيَتِهِ    سَمِعْتُ الخُطْبَةَ               قَالَ اللّه تَعَالى : تِلْكَ الرَّسُلُ فَضَّلْنَا

Adapun tanda khusus yang dimiliki oleh fiil madli adalah:

a)    “Ta” yang berharkat, dan merupakan dlomir yang berkedudukan sebagai fail atau naib fail

Contoh:    عَلِمْتُ, نُصِرْتُ, قَرَأْتِ, ضُرِبْتُمْ, كَتَبْتُمَا.

b)    “Ta tanits sakinah” yang juga merupakan dlomir yang berkedudukan sebagai fail atau naib fail

Contoh:    صَامَتْ, فَرِّحَتْ, اُحْتُرِمَتْ.

2.    الفِعْلُ المُضَارِعُ adalah:

كُلُّ فِعْلٍ يَدُلُّ عَلَى حُصُوْلِ حَدَثٍ فى الزَّمَنِ الحَالِ وَ الاسْتِقْبَالِ

Setiap kalimat fiil yang menunjukan pada terjadinya seuatu peristiwa pada waktu sekarang/sedang ataupun yang akan datang. Contoh:

المُجْتَهِدُوْنَ يَتَعَلَّمُوْنَ فِى الفَصْلِ الانَ               مَايُذَاكِرُ الدُّرُوْسَ                   سَأَغْتَسِلُ بَعْدَ التَّعَلُّمِ

اَنْتَ تَزُوْرُ المَرِيْضَ غَدًا                     قَالَ اللّه تَعَالى : لَيُسْجَنَنَّ وَ ليَكُونَا مِنَ الصَّاغِرِيْنَ          

Adapun tanda khusus yang dimiliki oleh fiil mudlori adalah bahwasanya fiil mudlori itu:

  1. Selalu dimulai dengan huruf tambahan yang empat (ا, ي, ن, ت) dengan rincian sebagai berikut:

a)    untuk kata ganti (dlomir) pertama tunggal (متكلّم). Contoh:          أَكْتُبُ, اَنْصُرُ

b)   ن, untuk kata ganti (dlomir) pertama jamak (متكلّمون). Contoh:      نَكْتُبُ, نَنْصُرُ

c)    untuk kata ganti (dlomir) ketiga (غائب, غائبان, غائبون, غائبات)

Contoh:    يَنْصُرُ, يَنْصُرانِ, يَنْصُرُوْنَ, يَنْصُرْنَ

d)   ت untuk kata ganti (dlomir) kedua

 (مخاطب, مخاطبان, مخاطبون, مخاطبة, مخاطبتان, مخاطبات)  Contoh:تَنْصُرُ, تَنْصُرانِ, تَنْصُرُوْنَ, تَنْصُرِيْنَ, تَنْصُرَانِ, تَنْصُرْنَ , dan untuk kata ganti dlomir ketiga muannats (غائبة, غائبتان) . Contoh:  تَنْصُرُ, تَنْصُرَانِ.

Dalam istilah ilmu nahwu, keempat huruf tersebut biasa disebut dengan حُرُوْفُ المُضَارَعَةِ.

  1. Bisa dimasuki سين dan سوف. Contoh: سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ, سَيَصْلَى نَارًا
  2. Bisa dimasuki salah satu amil yang menaashabkan atau menjazmkan.

Contoh: وَلَنْ تَرْضَى عَنْكَ اليَهُوْدُ, لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ

3.    الفِعْل الامرُ adalah:

كُلُّ فِعْلٍ يَدُلُّ عَلَى طَلَبِ حُصُوْلِ حَدَثٍ فى الزَّمَنِ الاسْتِقْبَالِ

Setiap kalimat fiil yang menunjukan kepada tuntutan terjadinya suatu peristiwa pada waktu yang akan datang.

Fiil amar ini mempunyai shegat (bentuk) tertentu yang diambil dari bentuk fiil mudlori, dan fiil amar ini berlaku bagi dlomir mukhatab saja. Contoh:

اُدْخُلْ الفَصْلَ الثَّالِثَ                يَاعَلِيُّ! اِحْتَرِمْ المُعَلِّمَ               اِجْتَهِدِى فِى دِرَسَتِكِ

قَالَ اللّه تَعَالى : فَذَكِّرْ إِنْ نَّفَعَتْ الذِّكْرَى

B.   Hukum-hukum fiil

  1. Fiil madli, hukumnya adalah mabni fathah, kecuali:

a.    Jika fiil madli telah berhubungan dengan dlomir واو jamak, maka hukumnya menjadi mabni dlommah. Seperti: ضَرَبُوْا

b.    Jika fiil madli telah berhubungan dengan dlomir نون jamak muannats dan dlomir rofa mutaharrik yaitu تَ, تُمَا, تُم, تِ, تُمَا, تُنَّ, تُ, نَا, maka hukumnya menjadi mabni sukun, seperti:

ضَرَبْنَ, ضَرَبْتَ, ضَرَبْتُمَا, ضَرَبْتُمْ, ضَرَبْتِ, ضَرَبْتُمَا, ضَرَبْتُنَّ, ضَرَبْتُ, ضَرَبْنَ

Contoh rincian seluruhnya:

ضَرَبَ   : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى الفَتْحَةِ                        ضَرَبَتْ : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى الفَتْحَةِ

ضَرَبَا   : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى الفَتْحَةِ                        ضَرَبَتَا : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى الفَتْحَةِ

ضَرَبُوْا : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى الضّمّة لاِتِّصَالِهِ بِوَاوِ الجَمْعِ        

ضَرَبْنَ : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لاِتِّصَالِهِ بِنُونِ الجَمْعِ المُؤَنّثِ       ضَرَبْتَ : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لاِتِّصَالِهِ بِضَمِيْرِ رَفْعٍ مُتَحَرِّك ضَرَبْتُمَا     : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لاِتِّصَالِهِ بِضَمِيْرِ رَفْعٍ مُتَحَرِّكٍ                        

ضَرَبْتُمْ  : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لاِتِّصَالِهِ بِضَمِيْرِ رَفْعٍ مُتَحَرِّكٍ

ضَرَبْتَ  : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لاِتِّصَالِهِ بِضَمِيْرِ رَفْعٍ مُتَحَرِّكٍ

ضَرَبْتُمَا : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لاِتِّصَالِهِ بِضَمِيْرِ رَفْعٍ مُتَحَرِّكٍ

ضَرَبْتُنَّ : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لاِتِّصَالِهِ بِضَمِيْرِ رَفْعٍ مُتَحَرِّكٍ

ضَرَبْتُ  : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لاِتِّصَالِهِ بِضَمِيْرِ رَفْعٍ مُتَحَرِّكٍ

ضَرَبْنَا  : فِعْلٌ مَاضٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ لاِتِّصَالِهِ بِضَمِيْرِ رَفْعٍ مُتَحَرِّكٍ

Ketentuan di atas, berlaku juga bagi fiil madli yang bentuknya mabni majhul seperti: ضُرِبْتَ, ضُرِبْتُ, dan lain-lain.

  1. Fiil amar, hukumnya adalah mabni terhadap tanda jazm, dengan rincian sebagai berikut:

a.    Mabni sukun terdapat dalam fiil amar:

1)    Yang huruf akhirnya belum berhubungan dengan dlomir alif tasniyah, wawu jamak dan ya muannats mukhatabah serta shohih akhir. Contoh:

اِضْرِبْ  تَعَلَّمْ    اِجْتَهِدْ.

2)    Yang huruf akhirnya telah berhubungan dengan dlomir نون jamak muannats. Contoh:

اِضْرِبْنَ تَعَلَّمْنَ  اِجْتَهِدْنَ.

b.    Mabni dengan membuang nun, terdapat di dalam fiil amr:

1)    Yang huruf akhirnya telah berhubungan dengan dlomir alif tasniyah. Contoh:

اِضْرِبَا  تَعَلَّمَا   اِجْتَهِدَا.

2)    Yang huruf akhirnya telah berhubungan dengan dlomir wawu jamak. Contoh:

اِضْرِبُوا تَعَلَّمُوا اِجْتَهِدُوا.

3)    Yang huruf akhirnya telah berhubungan dengan dlomir ya muannats mukhatabah. Contoh:

اِضْرِبِى تَعَلَّمِى  اِجْتَهِدِى.

c.  Mabni dengan membuang huruf akhir, terdapat di dalam fiil amr yang berasal dari fiil mu’tal, dan belum berhubungan dengan dlomir alif tasniyah, wawu jamak dan ya muannats mukhatabah. Contoh:

اُغْزُ     اِرْمِ     اِرْضَ

Contoh rinciannya:

اِضْرِبْ  : فِعْل امرٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ             اِضْرِبِى : فِعْل امرٍ مَبْنِيٌّ عَلَى حَذْفِ النُّوْنِ

اِضْرِبَأ  : فِعْل امرٍ مَبْنِيٌّ عَلَى حَذْفِ النُّوْنِ         اِضْرِبَا  : فِعْل امرٍ مَبْنِيٌّ عَلَى حَذْفِ النُّوْنِ

اِضْرِبُوا : فِعْل امرٍ مَبْنِيٌّ عَلَى حَذْفِ النُّوْنِ         اِضْرِبْ  : فِعْل امرٍ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ

اُغْزُ     : فِعْل امرٍ مَبْنِيٌّ عَلَى حَذْفِ الأخر

اِرْمِ      : فِعْل امرٍ مَبْنِيٌّ عَلَى حَذْفِ الأخر

اَرْضَ   : فِعْل امرٍ مَبْنِيٌّ عَلَى حَذْفِ الأخر

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *