Jurumiyah BAB VII – Nakiroh dan Marifat

Secara umum, kalimat-kalimat isim dilihat dari maknanya terbagi menjadi dua, yaitu isim nakirah dan isim makrifat.

A.    Isim nakirah (Indefinite)

1.      Ta’rif isim nakirah

كُلُّ اسْمٍ دَلَّ عَلَى شَيْئٍ غَيْرِ مُعَيَّنٍ

Setiap kalimat isim yang menunjukan kepada sesuatu yang tidak tertentu (bersifat umum).

Sedangkan Al-Ajurumiah menta’rifi isim nakirah sebagai berikut:

كُلُّ اسْمٍ شَائِعٍ فِى جِنْسِهِ لا يَخْتَصُّ بِهِ وَاحِدٌ دُوْنَ اَخَرَ

“Setiap kalimat isim yang ma’na jenisnya menyeluruh, tidak khusus pada salah satu dan tidak pada yang lain”.Contoh:

سَأَلَ رَجُلٌ عَنْ وَالِدِى              اَرْسَلَ اللَّهُ رَسُوْلًا                   نَمَتْ شَجَرَةٌ فِى حَقْلٍ

2.      Tanda isim nakirah

Untuk lebih mengenali dan memahami isim nakirah adalah bahwasanya isim nakirah itu tandanya adalah bisa dimasuki dengan (ال) dan masuknya alif lam itu memiliki pengaruh perubahan kalimat isim tersebut. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh-contoh di bawah ini!

رَجُلٌ (اسم نكرة) = الرَّجُلُ (اسم معرفة)

بَيْتٌ (اسم نكرة) = البَيْتُ (اسم معرفة)

Berbeda halnya dengan kata زيد dan فاطمة, tidak bisa dimasuki alif lam yang sama, jadi tidak bisa dikatakan الزيد dan الفاطمة.

B.     Isim makrifat

1.      Ta’rif isim makrifat

كُلُّ اسْمٍ دَلَّ عَلَى شَيْئٍِ مُعَيَّنٍ

“Setiap kalimat isim yang menunjukan kepada sesuatu tertentu”. Contoh:

اللَّهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْئٍ                 هُوَ طَالِبٌ                            الأُسْتَادُ جَالِسٌ             هَذَهِ اِمْرَأَةٌ

2.      Pembagian isim makrifat

Kalimat isim yang tergolong kalimat makrifat ada enam (6), yaitu:

a)      Kalimat isim yang dimasuki alif lam   (المُحَلَّى بِأَلْ)

b)      Isim dlomir      (اِسْمُ الضَّمِيْرِ)

c)      Isim Alam       (اسْمُ العَلَمُ)

d)     Isim isyarah     (اسْمُ الإشَارَة)

e)      Isim maushul   (اسْمُ المَوْصُوْل)

f)       Kalimat isim yang diidlofatkan kepada salah satu isim makrifat di atas.

1.      Kalimat isim yang dimasuki alif lam

Secara umum, setiap kalimat isim yang dimasuki alif lam adalah isim makrifat atau bisa ditegaskan bahwa (ال) merupakan أدة التّعريف yakni alat untuk mengubah isim nakirah menjadi isim makrifat. “Al” yang demikian lazim disebut ال تَعْرِفٍ”. Contoh:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (1) الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (2) الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (3) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (4) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5) اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6) صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7) 

اِنَّمَا الاَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ

2.      Isim dlomir (اسم الضّمير).

a)      Ta’rifnya:

اِسْمٌ يَسْتَعْمَلُ بَدَلَ اسْمِ المُتَكَلِّمِ اَوِ المُخَاطَبِ اَوِ الغَائِبِ

Isim yang dipergunakan untuk menggantikan sebutan mutakalim (pembicara), atau mukhatab (yang diajak bicara)  atau ghaib (yang dibicarakan).

b)      Pembagiannya

Ditinjau dari segi bentuknya, isim dlomir terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

1)      Dlomir munfashil (الضّمير المنفصل), adalah:

كُلُّ ضَمِيْرٍ يُمْكِنُ النُّطْقُ بِهِ مِنْ غَيْرِ اَنْ يَتَّصلَ بِكَلِمَةٍ اُخْرَى

“Setiap dlomir yang mungkin atau bisa diucapkan tanpa harus berhubungan dengan kalimat lain, yakni dlomir yang berdiri sendiri tidak berhubungan dengan kalimat lain”. Contoh:

وَ اِيَّايَ فَارْهَبُوْنَ                   اَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ                  اَنَا مِنَ المُسْلِمُوْنَ

Sedangkan jika ditinjau dari segi hukumnya, dlomir munfashil itu terbagi menjadi dua, yaitu:

i.            ضمير الرّفع منفصل yaitu dlomir munfashil yang menempati tempat I’rab rafa (فى محلّ الرّفع), misalnya jadi mubtada atau yang lainnya. Seperti:

هُوَ, هُمَا, هُمْ, هِيَ, هُمَا, هُنَّ, اَنْتَ, اَنْتُمَا, اَنْتُمْ, اَنْتِ, اَنْتُمَا, اَنْتُنَّ, اَنَا, نَحْنُ

Contoh:

قُلْ هُوَ اللَّهُ اَحَدُ  اَنْتُمْ عَابِدُوْنَ     وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَ         اَنْتَ مُجْتَهِدٌ      اَنْتُمَا نَاعِسَانِ    اَنَا نَائِمُ

اَنْتَ     : ضَمِيْرُ رَّفْعٍ مُنْفَصِلٌ مَبْنِيٌّ عَلَى الفَتْحَةِ فِى مَحَلِّ الرَّفْعِ لِاَنَّهُ مُبْتَدَاءٌ

هُمْ      : ضَمِيْرُ رَّفْعٍ مُنْفَصِلٌ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُوْنِ فِى مَحَلِّ الرَّفْعِ لِاَنَّهُ مُبْتَدَاءٌ

ii.            ضمير النّصب المنفصل yaitu dlomir munfashil yang menempati tempat I’rab nashab (فى محلّ النّصب), misalnya jadi maful bih, mustatsna atau yang lainnya. Seperti:

اِيَّاهُ, اِيَّاهُمَا, اِيَّاهُمْ, اِيَّاهَا, اِيَّاهُمَا, اِيَّاهُنَّ, اِيَّاكَ, اِيَّاكُمَا, اِيَّاكُمْ, اِيَّاكِ, اِيَّاكُمَا, اِيَّاكُنَّ, اِيَّايَ, اِيَّانَا

Contoh:

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ اِيَّكَ نَسْتَعِيْنُ اِيَّاهُمْ تَحْتَرِمُوْنَ اِيَّايَ فَارْهَبُوْنَ   اِيَّاكُمْ اُعَلِّمُ        نَجَحَ الطُّلَّابُ اِلا اِيَّاهُ

اِيَّاكَ     : ضَمِيْرُ نَصْبٍ مُنْفَصِلٌ مَبْنِيٌّ عَلَى الفَتْحَةِ فِى مَحَلِّ النَّصْبِ لِاَنَّهُ مَفْعُوْلٌ بِهِ

اِيَّاهُ      : ضَمِيْرُ نَصْبٍ مُنْفَصِلٌ مَبْنِيٌّ عَلَى الضَّمّة فِى مَحَلِّ النَّصْبِ لِاَنَّهُ مُثْتَثْنَى بِالاّ

2)      Dlomir muttashil (الضّمير المتّصل) adalah:

كُلُّ ضَمِيْرٍ لا يُمْكِنُ النُّطْقُ بِهِ اِلاّ أِذَ اتَّصَلَ بِكَلِمَةٍ اُخْرَى

Setiap dlomir yang tidak mungkin atau tidak bisa diucapkan kecuali setelah berhubungan dengan kalimat lain”. Contoh: الواو di dalam نَصَرُوْا, اليَاء di dalam كِتَابِى, الهاء di dalam ضَرَبَهُ, التّاء di dalam كَتَبْتُ, الكاف di dalam كِتَابُكَ, dan lain-lain.

Dlomir muttashil ditinjau dari segi hukumnya terbagi tiga bagian.

i.            ضمير الرّفع المتّصل yaitu dlomir muttashil yang menempati tempat I’rab rafa

(فى محلّ الرّفع) karena jadi fail, naib fail, isim كان atau yang lainnya.

Contoh:

اِجْتَهَدْتُ فِى التَّعَلُّمِ                 يُكْرَمُوْنَ                   كُنْتُمْ مُتَعَلِّمِيْنَ

تُ       : ضَمِيْرُ رَّفْعٍ مُتَّصِلٌ مَبْنِيٌّ عَلَى الضَّمَّةِ فِى مَحَلِّ الرَّفْعِ لِاَنَّهُ فَاعِلٌ

تُمْ       : ضَمِيْرُ رَّفْعٍ مُتَّصِلٌ مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكًوْنِ فِى مَحَلِّ الرَّفْعِ لِاَنَّهُ اِسْمُ كَانَ