Lokasi
Pendiri & Penerus
Statistik Web
  • 29933Total visitors:
  • 13Visitors today:
  • 24Visitors yesterday:
  • 294Visitors last week:
  • 1261Visitors per month:
  • 40Visitors per day:
  • 0Visitors currently online:

Sejarah Singkat

Pada tahun 1927 M. KH. Zainal Musthafa Rahimahullah mendirikan Pondok Persantren di Kampung Cikembang dengan Nama Pondok Pesantren Sukamanah (nama kampung tersebut berubah sesuai dengan nama Pesantren yang beliau dirikan) di atas tanah Wakaf untuk rumah dan mesjid dari seorang janda dermawan Almagfurlah Hj. Siti Juariah.

Dengan berbekal Ijazah Sekolah Rakyat dan ilmu-ilmu yang diraihnya dari beberapa Pesantren selama 17 tahun, beliau memimpin Pesantren ini selama kurang lebih 17 tahun, karena pada hari jum’at tanggal 1 Rabi’ul Awal 1363 H (25 Pebruari 1944 M) di Pesantren ini terjadi pertempuran antara santri-santri Pesantren Sukamanah dengan tentara Jepang. Pada waktu itu juga beliau ditangkap menjadi tawanan. Berdasarkan dokumen Kantor Erevel Belanda di Ancol Jakarta beliau dan rekan-rekannya telah menjalani hukuman mati pada tanggal 25 Oktober 1944 dan dimakamkan di taman pahlawan Belanda Ancol Jakarta. Kemudian pada tanggal 25 Agustus 1973 jenazah beliau dan 17 orang pengikutnya di pindahkan ke makam pahlawan Sukamanah.

Dalam tempo 17 tahun tersebut Al-Magfurlah KH. Zainal musthafa mampu mencetak beratus-ratus santrinya menjadi ‘alim yang sanggup dan cakap memberikan pelajaran agama ditempat/kampung halamannya masing-masing. Berkat kepandaian dan kesuksesannya pada waktu itu berbondong-bondonglah para santri datang dari berbagai pelosok, sehingga santri yang diasramakan berkisar antara 600 s.d 700 orang yang di tampung di 6 Asrama. Adapun santri yang tidak di asramakan (santri kalong) jumlahnya lebih dari sepuluh kali lipat dari yang di asramakan.

Pada tahun 1950 keadaan Pesantren sepeninggal beliau dilanjutkan dan dirintis kembali oleh KH. Muh. Fuad Muhsin dan K.U.Abdul Aziz Rahimahullah serta rekan-rekannya dengan bimbingan kakaknya KH. Wahab Muhsin Rahimahullah. Kemudian padaTahun 2003 KH. Muh. FuadMuhsin menyerahkan dengan sepenuhnya untuk memimpin Pesantren kepada Putranya KH. Drs. A. Thahir Fuad.

Pada tahun 1956 beliau berdua sepakat mendirikan Madrasah Ibtidaiyah Sukahideng. Pada tanggal 17 Agustus 1959 telah berdiri Yayasan KH. Zainal Musthafa dengan Akte Notaris No.8 yang di perbaharui dengan Akte Notaris No.10 tahun 1999. Yayasan ini bertujuan untuk melanjutkan perjuangan Pahlawan KH. Zainal Musthafa khususnya di bidang pendidikan.

Yayasan Perguruan KH. Zainal Musthafa sampai saat ini telah mempunyai Pondok Pesantren Sukamanah, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Diniyah, TKA/TPA, SMP, SMA dan lembaga pelayanan masyarakat meliputi Kopontren dan Poskestren

DATA PONDOK PESANTREN

Nama Pondok Pesantren:       K.H.Zainal Musthafa Sukamanah

Nama Pendiri                    :       KH. Zainal Musthafa

Tahun Pendirian              :       1927 M

Alamat Pesantren            :       Jl. Makam Pahlawan Nasional KHZ. Musthafa Sukamanah Sukarapih Sukarame  TasikmalayaJawa Barat Kode Pos 46461 ( (0265) 542402

Website/Email                :       www.pstkhzmusthafa.or.id info@pstkhzmusthafa.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*